Selamat Datang Di Blog Rani ^^

Rabu, 25 April 2018

TEMPULING DESA KELAPA

TEMPULING
Oleh: Rani Hidayati

            Pekanbaru, (16/04). Tempuling merupakan salah satu kecamatan dari 21 kecamatan yang ada di kabupaten Indragiri Hilir. Kecamatan yang terdiri dari 4 kelurahan dan 5 desa dengan kecamatan Sungai Salak ini di kenal memiliki masyarakat dengan suku yang heterogen. Seperti Banjar, Bugis, Jawa, Minang, Melayu dan sebagainya. Namun, masyarakat Tempuling lebih dominan dengan suku eksodusnya yaitu Banjar. Namun, tak sedikit pula masyaralat transmigrasi yang menempatan kecamatan yang di kenal dengan gudang kopranya tersebut.
            Para masyarakat kecamatan Tempuling kebanyakan bermatapencaharian petani kelapa, berladang, nelayan, serta yang lebih dominan adalah para buruh maupun karyawan di sebuah PT di daerah sekitar Tempuling, dikarenakan di kabupaten Indragiri Hilir sendiri kurang lebih memiliki 3 buah PT kelapa dan 2 buah PT batu bara. Selain itu, petani kelapa juga tak kalah mendominasi kecamatan Tempuling. Para petani kelapa mengolah berbagai macam olahan secara tradisional seperti minyak kelapa, gula merah, serta berbagai macam olahan lainnya yang terbuat dari kelapa, atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan kopra.
            Dengan suku Banjar yang lebih mendominasi di kecamatan Tempuling, membuat berbagai macam olahan makanan yang ada di Tempuling kaya akan  olahan makanan suku banjar seperti wadai bolu barandam, wadai bingka, kikicak, wajik, apam pais, wadai cincin, sasagun, surabi, gangan bakaruh dan lain sebagainya. Selain itu, adat dan budaya di kecamatan Tempulingpun ikut berimbas. Seperti adanya prosesi adat mandi bapapai pada sore hari, satu hari sebelum pesta pernikahan, diadakannya madihin, mamanda pada acara-acara besar lainnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar